Rabu, 19 Oktober 2016

Membahas Isu Sara Mengenai Logo Di UIN AR-RANIRY

           

        Polemik yang berkembang mengenai perubahan logo UIN Ar-Raniry sekarang kini semakin memanas, sehingga tak sedikit timbul asumsi-asumsi dan pro-kontra dari pihak kalangan mahasiswa, dosen, masyarakat dan lainnya. Karena logo yang menang pada sayembara baru-baru ini tidak sesuasi dengan keAcehan dan keIslaman juga ada yang berpendapat hampir menyerupai “lambang yahudi” menurut pihak yang tidak setuju dengan perubahan logo baru teresebut.
            Dari pihak mahasiswa juga turun aksi demo didepan gedung Auditorium Ali Hasyimi kampus tersebut tepat pada saat acara ulang tahun (Dies Natalies) UIN Ar-Raniry ke-53 berlangsung. Sehinggu menimbul kericuhan antara pendemo dengan petugas keamanan SATPAM dan POLISI. Kericuhan tersebut dipicu karena ada kontak fisik antara satpam dengan mahasiswa pendemo pada saat mereka memaksa untuk masuk kedalam gedung yang sedang berlangsung acara Dies Natalies UIN Ar-raniry ke-53.
            Acara tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah serta pejabat-pejabat lainnya dan staf juga karyawan internal kampus tersebut. Mereka sempat dibuat kegelisahan dengan aksi tersebut.
            Karena suasana mulai memanas, Farid Wajdy Ibrahim rektor UIN Ar-raniry turun di tengah lokasi pendemo untuk mendengarkan langsung aspirasi mahasiswa yang dipimpin olehnya. Farid menjelaskan. “logo tersebut belum disahkan atau finish, meskipun pihak penyelenggarara telah mengumumkan pemenang sayembara tersebut, maka dari pihak kami akan memodifikasi tentang logo tersebut agar sesuai dengan keAcehan dan keIslaman seperti keinginan mahasiswa dan masyarakat, mungkin baru disahkan setahun atau dua tahun akan datang”.
            Meskipun banyak yang kontra mengenai logo tersebut juga ada yang pro terhadap perubahan logo baru UIN Ar-raniry. Mereka berpendapat bahwa logo baru tersebut sah-sah saja karena tidak ada yang menyimpang dari ke Islamannya. Mereka mengamati dari logo baru tersebut yang bahwa (sudut delapan) memaknakan keislaman. Juga sering didapatkan disampul-sampul Al-Qur’an dihalaman depan dan dibangunan-bangunan Islam contohnya di bangunan UIN Ar-raniry yang sekarang. (garis ditengah) adalah lambang atom dalam ilmu pengetahuan alam. Yang bahwa memaknakan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar