Sabtu, 16 Januari 2016

DAMPAK MEDIA MASSA

Media, sama seperti institusi-institusi lainnya di Amerika, berubah akibat perkembangan demokrasi, revolusi industri dan teknologi, serta bermunculan kota-kota .
Revolusi teknologi meningkatkan ukuran dan efisiensi media cetak, serta memunculkan aneka media baru seperti film, radio dan televisi.
Secara perlahan-lahan namun efektif, media membentuk pandangan pemirsanya terhadap bagaimana seseorang melihat pribadinya dan bagaimana seseorang seharusnya berhubungan dengan dunia sehari-hari.

MEDIA SEBAGAI PEMBUJUK
Ada 3 macam jenis persuasi media:
  1. IKLAN
  2. ANJURAN-ANJURAN DALAM TAJUK RENCANA, KOLOM OPINI, DAN ARTIKEL-ARTIKEL INTERPRETATIF YANG MENDORONG PEMBACA UNTUK MENGAMBIL KESIMPULAN TERTENTU.
  3. ARTIKEL INFORMATIF ATAU HIBURAN YANG SECARA TERSIRAT MENGANDUNG BUJUKAN TERSIRAT.

Dampak Positif Media Massa
  • Media memiliki cara untuk menunjukkan kepada kita informasi yang tersusun rapi dalam berita.
  • Kita memiliki rasa atas apa yang terjadi disekitar kita dan juga tentang segala sesuatu di tempat lain. Kita dapat melihat dunia melalui media. Mendapat pengetahuan tentang apa yang terjadi disana tanpa harus berada disana.
  • Media dalam segala bentuknya dapat memperkenalkan cara berpikir kreatif yang dapat membantu kita memperbaiki diri dengan cara yang berbeda, baik itu dalam kehidupan pribadi atau pekerjaan kita.
  • Media juga dapat membantu kita berhubungan dengan orang lain di seluruh dunia dan menjadi lebih terbuka serta memahami budaya bangsa lain.

Dampak Negatif Media Massa
  • Kekerasan merupakan faktor utama yang terlihat dan berpotensi menjadi penghasut yang berbahaya pada khalayak muda.
  • Pada saat ini, informasi yang dilaporkan mungkin tidak otentik dari setiap sudut. Oleh sebab itu, mungkin akan ada salah tafsir terhadap situasi.
  • Berita dapat dimanipulasi untuk mempengaruhi pikiran penonton.
  • Sebuah peristiwa tertentu yang menyajikan gaya hidup mewah dapat menanamkan cita-cita yang salah di kalangan anak-anak.
  • Sensasionalisme yang tidak perlu dari sebuah isu dapat memproyeksikan informasi yang salah kepada publik.
  • Pesan menyesatkan mengalihkan pikiran menuju jalan yang salah.
SUBLIMINAL MESSAGE
suatu pesan yang diselipkan pada sebuah objek untuk mempengaruhi pola pikir audience (dalam pengaruh alam bawah sadar), subliminnal message ini biasa digunakan dalam dunia periklanan (advertising) atau digunakan dalam dunia politik sebagai bahan propaganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar