Selasa, 19 Januari 2016

Tarek Pukat


Tarek Pukat menurut istilah adalah suatu aktivitas yang dilakukan di pesisir pantai untuk menangkap ikan dengan menggunakan jala yang telah ditebar dilautan dengan menggunakan perahu nelayan, kemudian ditarik kedaratan secara bersama-sama. Jala tersebut terdiri dari seperangkat tali tambang, jaring yang terbuat dari benang besar, jaring yang terbuat dari tali senar.

Tarek yang berasal dari kata bahasa aceh bisa kita arti ke dalam bahasa indonesia yaitu tarik atau menarik.
Pukat juga berasal dari Bahasa Aceh yang artinya alat penangkap ikan.

Jadi, menurut Bahasa Tarek Pukat adalah menarik alat tangkapan ikan ke daratan.

Tarek Pukat sudah turun temurun dari nenek moyang masyarakat Aceh. Hingga saat ini dapat kita lihat di pesisir pesisir Provinsi Aceh.
Maka jangan heran apabila anda memasuki daerah Nanggroe Aceh Darussalam banyak kapal nelayan di pesisir, karena Provinsi Aceh ini mayoritas masyarakatnya berprofesi nelayan atau pawang laot.
Di sisi lain masyarakat Aceh banyak juga yang berprofesi sebagai petani sawah dan kebun.



Provinsi yang dijuluki Seuramoe Mekah ini juga memiliki banyak budaya, adat dan kesenan tersendiri yang berbeda dengan daerah daerah lainnya.
Sehinga Tarek Pukat ini juga dimasukkan kedalam salah satu kesenian tradisi rakyat Aceh yaitu tarian Tarek Pukat.

Tarian Tarek Pukat ini adalah merupakan simbol dari aktifitas nelayan masyarakat Aceh seperti yang dijelaskan diatas

Taraian Tarek Pukat biasanya dilakukan oleh wanita dan laki-laki. Wanita yang membuat Pukat dari  tali yang dirajut sambil menari dan dkembangkan, sedangkan laki laki istilahnya yang mengusir ikan agar masuk kedalam Pukat tersebut dan menarik pukat atau Tarek Pukat.

Tarian Tarek Pukat memakai baju tarian masing masing, serta di iringi dengan musik Rapa'i dan Seurunee Kalee beserta lagu tariannya.

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus